Penyebab Sakit Gigi Berlubang

Penyebab Sakit Gigi Berlubang – Gigi merupakan organ tubuh yang sangat membantu untuk menghancurkan makanan. Sehingga makanan yang di hancurkan gigi akan menjadi halus dan mudah untuk di cerna tubuh. namun, terkadang gigi mengalami gangguan, yaitu sakit gigit. Saki gigi bisa terjadi akibat dari tidak menjaga kebersihan gigi dengan cara yang salah. Sakit gigi bisa terjadi karena salah satu nya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan keadaan gigi yang rusak hingga membuat gigi terlihat berlubang. Gigi berlubang terjadi bisa di sebabkan karena ada nya bakteri dan gula yang tertinggal di gigi karena setelah makan tidak di bersihkan dengan segera.

gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang

  • Menyikat gigi dengan tidak benar

Menyikat gigi yang benar adalah dengan melakukan gerakan sikat dari atas ke bawah, dan juyga memutar. Sehingga membuat kotorana sisa makanan yang tertinggal akan runtuh, dan gigipun menajdi bersih. Namu, terkadang banyak yang melakukan cara menyikat gigi dengan menyikat ke samping, sehingga kotoran yang ada di gigi tidak ikut terbawa. Dan jika melakukan cara ini terus menerus akan membuat kotoran gigi semakin menumpuk, sehigga menjadi karang dan juga penyebab sakit gigi berlubang.

  • Bakteri

Gigi berlubang di akibatkan karena asam. Asam pada mulut merupakan gula yang yang awal nya tersisa di gigi akibat tidak di bersihkan dengan benar. Karena gula yang terdapat pada gigi dapat memancing bakteri masuk, sehingga mengikis email yang ada pada gigi, sehingga lama kelamaan gigi akan retak dan lama kelamaan akan berlubang. Sehingga bakteri dan gula merupakan penyebab sakit gigi berlubang.

  • Pemilihan jenis sikat gigi yang salah

Sikat gigi berfungsi untuk membantu untuk membersihkan gigi. Namun, ada jenis sikat gigi yang tidak baik atau tidak sesuai standar untuk membersihkan gigi degan baik. Sikat gigi yang baik adalah sikat gigi yang memiliki bulu bulu halus sehingga tidak mengikis email pada gigi, dan juga tidak kasar dan keras, karena jika terlalu keras akan terbentur gigi sehingga gusi akan terluka dan juga dapat menyebabkan sariawan.

  • Makanan manis

Makanan yang tidak mengandung gula alami seperti madu, dapat menjadi penyebab sakit gigi berlubang. Terlebih jika setelah makan makanan manis tidak langsung membersihkan gigi dengan baik, sehingga sisa makanan gula atau makanan manis akan ada di gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang.

  • Rokok

Rokok juga bisa menjadi penyebab sakit gigi berlubang, karena bahan pembuat rokok salah satu nya adalah temabakau. Temabakau pada rokok dapat menganggu peroduksi air liur, sehingga jika produksi air liur terganggu akan membuat gigi menjadi kotor. Karena fungsi air liur dapat menjaga kebersihan gigi.

Gejala sakit gigi berlubang

Sebelum bakteri merusak gig hingga berlubang, maka gigi akan memberikan tanda yang dapat di ketahui dengan mudah, seperti :

  • Gigi akan terasa sakit
  • Gigi akan sensitif, terlebih ketika makan atau minum yang panas atau dingin
  • Akan merasakan sakit jika gigi yang akan berlubang di gunakan untuk mengahancurkan makanan
  • Untuk gejala awal sakit gigi sudah mulai terlihat lubang, namun lubang gigi masih berukuran kecil.
  • Gigi yang berlubang akan berubah menjadi kehitaman

Cara mencegah gigi berlubang

Jika gigi sudah memiliki sedikit lubang, maka anda harus melakukan beberapa cara agar lubang yang sudah ada tidak semakin membesar.

  • Ke dokter gigi

Sebaik nya jika gigi sudah menunjukan beberapa gejala seperti di atas, segera kunjungi dokter gigi. Karena dokter akan memeriksa keadaan gigi, dan juga akan membersihkan gigi sehingga tidak menjadi penyebab sakit gigi berlubang.

  • Mengoleskan gigi dengan florida

Jika usdah mengunjungi dokter gigi maka akan di berikan obat oles florida. Obat oles florida ini seperti pasta gigi yang akan membantu untuk melindungi gigi, sehingga gigi tidak berlubang dengan ukuran yang lebih besar. Cara melakukan nya pun cukup sederahan, cukup mengoleskan gigi yang sudah terdapat sedikit lubang dengan florida, seperti pengunaan salep.

  • Tambal gigi

Karena gigi yang sudah berlubang sedikit, maka dokter akan melakukan penambalan. Sehingga lubang gigi tidak di perbesar oleh bakteri, karena jika membesara makan menjadi penyebab sakit gigi berlubang. Tambal gigi juga merupakan cara pemulihan gigi.

  • Membatasi makana

Karena makanan yang manis merupakan penyebab sakit gigi berlubang. Seingga jika tidak ingin gigi berlubang maka harus membatasi jumlah makanan manis. Karena selain dapat menambah berat badan, makanan manis dapat membuat gigi menjadi berlubang, dan juga jika makan makana manis secara berlebihan menimbulkan penyakit diabetes.

  • Perawatan gigi

Dengan melakukan perawatan gigi dengan menegecek gigi setiap 3 bulan sekali, akan sangat membantu untuk mencegah gigi berlubang. Karena setiap pengecekan ke dokter gigi makan gigi akan di bersihkan, sehingga plak atau karang gigi akan di bersihkan, karena plak dapat di rubah menjadi asam oleh bakteri, sehingga membuat gigi semakin terkikis dan berlubang. Pengecekan gigi harus sering di lakukan terlebih untuk perokok aktif. Karena perokok mudah sekali mengalami sakit gigi berlubang.

  • Menggunakan obat kumur

Untuk mencegahan penyebab sakit gigi berlubang juga bisa menggunakan pasta gigi dan obat kumur khusus yang telah di ciptakan untuk mencegah atau mengobati gigi berlubang. Biasa nya bahan dasar nya trebuat dari kandungan florida.


=====================================

>>> Super Green Plus SG, Obat Sakit Gigi 1-9 Menit Sembuh Tanpa Efek Samping 100% Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Gigi Berlubang and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *